10 Tips Mencegah Flu dan Pilek

Blog Dokter - Penyakit seperti flu dan pilek memanglah sangat umum menyerang siapa saja. namun virus flu dan pilek ini juga terhitung berbahaya jika sudah rutin menyerang anda. Penyebaran pun sangatlah mudah, cukup dengan udara serta kontak langsung seperti tangan maka virus itu akan mudah berpindah. Selain itu jika anda terserang flu, batuk dan pilek maka aktiftas anda akan terganggu dan menyebabkan terhambatnya aktifitas.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui cara mencegah flu dan batuk sebelum anda diserang. Berikut merupakan tips mencegah flu dan pilek yang dilansir dari berbagai sumber.

10 Tips Mencegah Flu dan Pilek

Tips Mencegah Flu dan Pilek - BlogDokter
Ilustrasi Wanita Mencegah Flu dan Pilek 
Berikut 10 tips agar terhindar dari penyakit flu, batuk dan pilek

1. Seringlah cuci tangan anda

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan namun juga banyak mengandung virus. Flu dan pilek banyak disebabkan oleh adanya kontak langsung dan juga sentuhan pada tanga. Oleh karena itu sering menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya adalah sangat baik untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
2. Jangan Tutup bersin dan batuk Anda Dengan Tangan Anda

Karena kuman dan virus melekat pada tangan, anda akan meneruskan kuman dan virus tersebut kepada orang lain. Gunakan tissue atau sapu tangan untuk batuk dan bersin anda.

3. Cuci Tangan Anda sebelum Menyentuh Wajah Anda

Janganlah terlalu sering menyentuh tangan anda tanpa mencuci nya terlebih dahulu, hal itu merupakan perantara baik bagi virus flu.

4. Berolahraga aerobik secara teratur

Meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dengan banyak melakukan kegiatan aerobic seperti berlalu dan melompat juga cukup baik. Oleh karena itu janganlah lupa untuk selalu melakukan aktifitas yang bisa meningkatkan kerja pompa jantung anda.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Phytochemical

Yang termasuk dalam golongan ini adalah sayuran dan buah-buahan berwarna hijau tua, merah dan kuning.

6. Jangan Merokok

Bukan hanya bagi perkok aktif saja virus flu akan sering melanda. Begitu pula perokok pasif. Asap rokok mengeringkan hidung dan merusak rambut-rambut halus yang melapisi selaput lendir pada hidung dan paru-paru. Rambut-rambut ini berfungsi untuk memfilter virus flu di saluran hidung. Penelitian menunjukkan 1 batang rokok melumpuhkan kinerja rambut-rambut ini selama 30-40 menit.

7. Kurangi Alkohol

Alkohol menurunkan sistem kekebalan tubuh. Peminum berat lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasi.

8. Hindari stress

Sistem kekebalan tubuh juga bisa menurun saat anda stress. Oleh karena itu nikmatilah juga waktu bersantai anda dan hindari memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

9. Minum yogurt

Beberapa penelitian menunjukan minum satu cangkir yogurt rendah lemak dapat mengurangi peluang terkena flu hingga 25%. Para peneliti berpendapat bakteri menguntungan yang terdapat dalam yogurt dapat menstimulus produksi sistem kekebalan untuk menyerang penyakit.

10. Berendam dalam air panas atau suana

Suhu yang panas akan membeikan suasana yang tidak nyaman bagi virus flu. Oleh karena itu seringlah berendam air panas agar virus flu bisa tidak betah hidup di tubuh anda.
Terima kasih telah membaca 10 cara mencegah munculnya penyakit flu, batuk dan pilek. Semoga dengan tips diatas anda dapat terhindar dari virus yang dapat menyebabkan flu dan batuk.

Baca juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

0 Response to "10 Tips Mencegah Flu dan Pilek"

Post a Comment