8 Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat

Blog Dokter - Diare adalah hal yang sangat mengganggu aktivitas. Anda harus keluar masuk WC untuk buang air. Selain itu perut akan terasa sangat sakit bagaikan terlilit dan tentu saja memberikan kesan yang tidak baik bagi anda.

Diare terkadang disebabkan oleh makanan pedas dan juga cuaca yang dingin. Saat terserang diare banyak obat yang ditawarkan oleh berbagai produk tapi tidak semuanya dapat ampuh seperti yang diinginkan. Kadang diare kita masih berlangsung dan juga sangat lama berhentinya.

8 Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat

wanita mengalami diare
Ilustrasi Wanita Mengalami Diare
Berikut adalah cara ampuh mengobati diare sahabatDokter agar dapat cepat berhenti.

1. Minum air
Saat diare, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga anda perlu menambah pasokan cairan dengan banyak minum air. Konsumsi air yang cukup bisa menghindarkan anda dari dehidrasi. Anda bisa meminum air putih, jus buah atau pun sayur bening yang kaya akan air.
ADVERTISEMENT

2. Hindari konsumsi alkohol
Proses pencernaan terganggu sehingga usus tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya akibat diare. Kondisi ini jangan anda perparah dengan mengkonsumsi minuman beralkohol. Tunggu hingga diare anda sembuh, baru anda bisa minum alkohol.

3. Istirahat yang cukup
Anda bisa mengatasi diare dengan beristirahat yang cukup. Hindari tidur terlalu malam dan bangun terlalu pagi. Sistem pencernaan juga perlu istirahat sehingga bisa pulih seperti sedia kala. Tidur yang cukup bisa membantu meringankan gejala diare yang anda alami.

4. Minum oralit
Salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi diare dengan cepat adalah oralit. Oralit yang dikenal dengan larutan garam dan elektrolit ini ampuh untuk menekan frekuensi buang air besar yang tak wajar.

5. Minum teh

Untuk menenangkan perut yang nyeri dan perih, anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis teh mulai dari teh hitam, jahe, teh raspberry, chamomile, oolong hingga teh hijau. Anda bisa meminum teh tersebut setelah selesai makan. Bila perlu campur teh dengan larutan lemon.

6. Minum Cuka Apel
Bila anda bosan minum teh saat harus mengatasi diare dengan cepat, manfaatkan saja cuka apel,. Caranya anda bisa mencampur beberapa tetes cuka apel ke dalam jus atapun air putih biasa. Minumkan kepada pasien diare secara berkala hingga diare mampet.

7. Ramuan kunyit
Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan adalah kunyit. Kunyit memang sudah banyak dikenal orang untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diabetes melitus, maag, disentri, diare, dan lain sebagainya. Jika kunyit ingin Anda gunakan untuk mengobati diare, maka perlu dicampur beberapa bahan lainnya. Anda perlu menyiapkan kunyit 1/2 jari, rasuk angin 1/2 sendok, ketumbar 3 biji, buah kayu ules 1 biji, dan daun tawas 1 helai. Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan air sebanyak 115 ml. Rebus hingga mendidih kemudian disaring. Anda bisa meminumnya pada pagi dan siang hari sebanyak 100 ml.

8. Ramuan dari beras ketan
Beras ketan juga bsia Anda guankan untuk mengatasi diare. Siapkan 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Cara membuatnya, Anda harus menggoreng tanpa minyak sampai hangus. Lalu, bakarlah kunyit sampai hangus juga. Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut hingga menjadi halus. Anda bisa menyeduh ramuan tersebut dengan air panas. Ambil satu sendok makan untuk sekali seduh dan bisa diminum 3 kali sehari.

Terima kasih telah membaca 8 Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat blog dokter yang menderita penyakit diare.

3 Responses to "8 Cara Alami Mengobati Diare Dengan Cepat"

  1. Mnurutku itu trllu banyak cara, aku org desa hanya mengandalkan 1ramuan yang trdisionl 2pucuk daun jmbu kltuk psti dyare brnti DIJAMIN

    ReplyDelete
  2. Artikel yang menarik,
    memang cara tradisional ampuh dan juga aman,
    Semoga artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Wajib di coba.thanks ya tips2 nya

    ReplyDelete