10 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Blog Dokter - Masa Kehamilan adalah waktu yang ideal mulai mengurus diri secara fisik maupun emosional. Jika Anda mengikuti petunjuk sederhana di bawah ini, Anda harus memberikan diri Anda kesempatan terbaik untuk memiliki kehamilan bebas masalah dan bayi yang sehat.

10 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Ilustrasi Wanita Hamil Sedang Senam

1. Segera ke Dokter atau Bidan

Segera setelah Anda mengetahui Anda sedang hamil, hubungilah dokter kandungan atau bidan anda. Mengorganisir perawatan lebih awal berarti Anda akan mendapatkan nasihat yang baik untuk kehamilan yang sehat sejak awal. Anda juga akan memiliki banyak waktu untuk mengatur setiap USG scan dan tes yang mungkin Anda butuhkan.
ADVERTISEMENT
2. Makan dengan baik

Setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Banyak karbohidrat, seperti roti, pasta dan beras, sebagai dasar dari makanan Anda. Pilih gandum karbohidrat bukan putih, sehingga Anda mendapatkan banyak serat. Porsi harian protein, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan beberapa susu dan produk susu. Dua porsi ikan dalam seminggu, salah satunya harus berminyak. Ikan dikemas dengan protein, vitamin D, mineral dan omega-3 asam lemak. Omega-3 asam lemak yang penting bagi perkembangan sistem saraf bayi.

3. Mengkonsumsi suplemen

Suplemen vitamin Kehamilan bukan merupakan pengganti untuk diet seimbang. Tapi suplemen dapat membantu jika Anda khawatir Anda tidak makan dengan baik, atau Anda tidak sanggup untuk makan banyak.

Pastikan suplemen Anda berisi 400 mikrogram (mcg) asam folat. Mengkonsumsi asam folat mengurangi risiko bayi Anda mengalami gangguan tabung saraf seperti spina bifida.

Juga, periksalah bahwa suplemen Anda berisi 10mcg vitamin D. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang bayi Anda di masa depan.

Bicaralah dengan dokter Anda atau apoteker sebelum mengkonsumsi suplemen antenatal. Jika Anda tidak mengambil multivitamin untuk wanita hamil, Anda dapat membeli asam folat dan suplemen vitamin D secara terpisah.

Jika Anda berada di berpenghasilan rendah, Anda mungkin bisa mendapatkan suplemen vitamin kehamilan gratis di bawah skema awal yang sehat dari pemerintah.

Jika Anda tidak makan ikan, suplemen minyak ikan dapat membantu. Pilih suplemen yang terbuat dari tubuh ikan, bukan hati. Hal ini karena minyak hati ikan (seperti minyak ikan cod) mungkin berisi bentuk retinol vitamin A, yang tidak dianjurkan pada kehamilan.

4. Hati-hati tentang kebersihan makanan

Makanan yang tidak aman bisa membawa risiko kesehatan bagi bayi Anda.Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria. Ini langka dan biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan Anda. Namun, hal ini dapat menyebabkan komplikasi kehamilan atau kelahiran. Listeriosis bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Makanan berikut mungkin pelabuhan listeria sehingga sebaiknya dihindari:
a. pate jenis apapun
b. Susu yang tidak dipasteurisasi
c. makanan siap saji
d. unggas setengah matang

Apakah aman untuk makan telur setengah matang ?
Masaklah telur sampai putih dan kuningnya padat. Cucilah peralatan, papan dan tangan anda setelah memegang unggas mentah. Kebersihan makanan sangat penting jika sedang hamil. Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit. Ini juga jarang terjadi, tetapi dapat mempengaruhi bayi yang belum lahir. Anda dapat mengurangi risiko terkena hal tersebut dengan :

a. memasak daging dan makanan siap secara menyeluruh
b. mencuci buah dan sayuran baik untuk menghilangkan tanah atau kotoran
c. c. mengenakan sarung tangan saat menangani kotoran kucing dan tanah kebun

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat yaitu sebagai berikut.
a. Membangun kekuatan dan daya tahan. Ini dapat membantu Anda untuk mengatasi lebih baik dengan berat tambahan dari kehamilan dan kerja keras tenaga kerja.
b. Meningkatkan semangat Anda dan bahkan membantu untuk menangkal depresi.

Pilihan latihan yang baik untuk kehamilan termasuk:
a. jalan cepat
b. renang
c. kelas aquanatal
d. yoga
e. pilates

Jika Anda olahraga, Anda dapat terus menjalaninya selama hal itu terasa nyaman bagi Anda.

6. Mulailah melakukan latihan dasar panggul

Panggul Anda terdiri dari tempat tidur gantung otot di dasar panggul. Otot-otot ini mendukung kandung kemih, vagina dan bagian belakang. Mereka dapat merasa lebih lemah dari biasanya pada kehamilan karena tekanan ekstra pada mereka. Hormon-hormon kehamilan juga dapat menyebabkan otot panggul Anda untuk mengendur sedikit.

Lemahnya otot dasar panggul menempatkan Anda pada risiko mengembangkan inkontinensia stres. Ini terjadi ketika sejumlah kecil urin bocor keluar ketika Anda bersin, tertawa atau berolahraga.

Memperkuat otot-otot Anda dengan melakukan latihan dasar panggul secara teratur selama kehamilan dapat membantu. Memiliki dasar panggul kencang dapat membantu kelahiran bayi Anda berjalan lebih lancar juga. Anda akan merasakan manfaatnya jika dilakukan delapan panggul meremas, tiga kali sehari.

7. Kurangi alkohol

Setiap alkohol yang anda minum dengan cepat mencapai bayi melalui aliran darah dan plasenta.

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak alkohol itu aman untuk diminum saat Anda sedang hamil. Itu sebabnya banyak ahli menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi alkohol selama kehamilan, atau setidaknya untuk tiga bulan pertama.

Jika Anda memutuskan untuk minum, tetap tidak lebih dari satu atau dua unit alkohol, tidak lebih dari sekali atau dua kali per minggu, dan tidak pernah mabuk.

8. Kurangi kafein

Kopi, teh, cola dan minuman energi adalah stimulan ringan. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Ini juga mungkin menyimpulakan bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan risiko memiliki bayi berat lahir rendah.

Pedoman saat ini menyatakan bahwa hingga 200mg kafein sehari tidak akan menyakiti bayi Anda. Itu setara dengan dua cangkir kopi instan.

Seperti dengan alkohol, Anda dapat memilih untuk memotong kafein sama sekali, terutama pada trimester pertama. Teh tanpa kafein dan kopi, teh buah dan jus buah adalah semua alternatif yang aman.

9. Berhenti merokok

Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, untuk Anda dan bayi Anda. Ini termasuk resiko peningkatan risiko:

a. keguguran
b. kelahiran prematur
c. berat badan lahir rendah
d. kematian (SIDS)

Merokok bahkan mungkin berhubungan dengan hilangnya bayi saat lahir.

Merokok membuat komplikasi kehamilan berikut lebih mungkin:
a. Mual dan muntah (morning sickness).
b. Kehamilan ektopik.
c. Plasenta, dimana plasenta berasal dari dinding rahim sebelum bayi Anda lahir.

Jika Anda merokok, lebih baik untuk berhenti, untuk kesehatan Anda sendiri dan bayi Anda. Semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin baik, tapi itu tidak pernah terlambat. Bahkan berhenti dalam beberapa minggu terakhir kehamilan Anda dapat menguntungkan Anda berdua. Tonton video tentang bagaimana asap mencapai bayi yang belum lahir.

10. Beristirahatlah

Kelelahan yang Anda rasakan dalam beberapa bulan pertama adalah karena tingginya kadar hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh Anda. Kemudian, itu cara tubuh Anda memberitahu Anda untuk memperlambat.

Jika Anda tidak dapat tidur di malam hari, coba untuk tidur siang hari untuk mengejar ketinggalan. Jika itu tidak mungkin, setidaknya menempatkan kaki Anda dan cobalah untuk rileks selama 30 menit.

Jika sakit punggung yang mengganggu tidur Anda, cobalah berbaring di sisi kiri Anda dengan lutut ditekuk. Menempatkan bantal berbentuk baji bawah benjolan Anda dapat membantu meringankan tekanan pada punggung Anda.

Olahraga juga dapat memberikan beberapa bantuan dari sakit punggung. Ini dapat membantu dengan masalah tidur, juga, asalkan Anda jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

cobalah teknik relaksasi, yang aman pada kehamilan, seperti:
a. yoga
b. peregangan
c. pernapasan
d. visualisasi
e. pijat

Baca Juga : Tips Mengetahui Kehamilan yang Mengancam Jiwa Ibu

2 Responses to "10 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat"