3 Efek Pada Tubuh Saat Mengalami Penyaki Gagal Ginjal

Blog Kesehatan - Salah satu organ yang tubuh yang sangat penting dalam fungsi sekresi adalah ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dalam tubuh. Selain itu ginjal juga mempunyai tugas lain yaitu menakar tekanan darah dan yang paling penting adalah memperoduksi sel darah merah dalam tubuh. 

Oleh karena itu menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting yang harus selalu anda perhatikan. Menjaga pola makan dan juga kesehatan ginjal harus menjadi salah satu prioritas utama kita. Anda juga harus mengetahui apakah dampak yang bisa ditimbulkan dan juga efek pada tubuh anda saat anda mengalami gagal ginjal.

Tentu saja banyak sekali efek yang bisa terjadi mengingat ginjal sangat berpengaruh terhadap pasokan darah dalam tubuh. Di bawah ini merupakan beberapa efek pada tubuh saat mengalami gagal ginjal. Lihat : Ciri Ciri Penyakit Ginjal dan Jenisnya

Efek Pada Tubuh Saat Mengalami Gagal Ginjal

Efek Samping pada Tubuh Saat Mengalami Penyakit Gagal Ginjal

1. Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah adalah gangguan yang tentunya akan terjadi ketika anda mengalami gagal ginjal. Saat anda terserang penyakit gagal ginjal maka salah satu produksi hormone yaitu Erythropoietin menurun. Hormone inilah yang mengatur produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga jika hormone ini menurun maka secara otomatis akan berpengaruh pada produksi sel darah merah.

2. Detak jantung tak teratur
Detak jantung akan terasa tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi sehingga ia melepaskan bahan kimia seperti seperti kalium, asam, dan fosfat yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan detak jantung serta menguatkan otot jantung. Olehnya itu jantung akan berdetak lebih kencang dan tidak teratur.

Baca : Cara Sehat Merawat Ginjal

3. Tulang rapuh
Saat mengalami gagal ginjal maka lama-kelamaan tulang nya akan rapuh dan semakin lemah dari hari ke hari. Hal ini terjadi karena saat mengalami gagal ginjal maka darah akan menjadi lebih asam yang menyebabkan kerusakan saraf terjadi sehingga jaringan tulang memburuk. 

Itulah beberapa dari efek yang terjadi jika anda mengalami penyakit gagal ginjal. Olehnya itu anda sebaiknya menjaga kesehatan ginjal anda dari sekarang sehingga bisa terhindari dari penyakit yang membahayakan ini.

0 Response to "3 Efek Pada Tubuh Saat Mengalami Penyaki Gagal Ginjal"

Post a Comment