10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Blog Dokter - Beberapa masalah rambut merupakan hal yang sangat sulit untuk dicegah. Salah satunya adalah ketombe, yang membuat rambut gatal dan juga sangat bau dan tidak nyaman. Terkadang hal tersebut juga membuat kita tidak percaya diri saat bintik-bintik putih pada pakaian jatuh dari rambut anda.

Menghilangkan ketombe banyak ditawarkan oleh berbagai produk. Namun beberapa produk tersebut tidak menjamin bahwa ketombe anda tidak akan kembali lagi. Olehnya itu beberapa cara alami di bawah ini tentunya akan membantu anda menghilangkan ketombe tanpa efek samping.

10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe

cara alami menghilangkan ketombe di kepala - BlogDokter
Ilustrasi Wanita Memiliki Ketombe di Rambut
Berikut 10 tips ampuh mengatasi ketombe di kepala

1. Jeruk Nipis

Campurkan 100 ml air jeruk nipis dengan 100 ml air perasan buah nanas dan 100 ml santan kemudian aduk rata. Hasil campuran dibasuhkan ke rambut sampai membasahi kulit kepala secara merata. Bilas rambut menggunakan sampo. Secara rutin lakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.
ADVERTISEMENT
2. Daun Pandan

Daun pandan juga akan sangat berguna. Cuci daun pandan hingga bersih sebanyak 5-7 daun. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur dengan setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut sampai menyentuh kulit kepala. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih.

3. Jus Apel

Buatlah jus apel dengan jumlah apel kurang lebih 3 buah. Campur ekstrak apel dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai rata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum rambut dibersihkan.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dari dulu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan rambut, juga untuk menghilangkan ketombe. Tumbuk bagian daging lidah buaya sampai halus. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan.

5. Kangkung

Seikat kangkung direbus ke dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengahnya saja. Setelah dingin kangkung diremas-remas agar sarinya keluar. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30. Air rebusan kangkung gunakan untuk membasuh rambut. Bersihkan rambut dengan air hangat atau keramas dengan sampo yang cocok dengna kulit kepala anda

6. Baking Soda

Soda ternyata bermanfaat bagi kesehatan rambut anda. Cara pemakaiannya cukup mudah, anda tinggal mencampurkan baking soda dengan shampo dan gunakanlah untuk keramas anda.

7. Cuka putih

Larutkan secangkir cuka dan air, lalu tuangkan ke kulit kepala. Lakukan saat Anda berkeramas dan pada bilasan terakhir. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih.

8. Minyak Zaitun

Ambillah Minyak zaitun lalu dipanaskan kemudian dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

9. Minyak Kelapa

Pijir kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum anda tidur. Tutup rambut menggunakan handuk selama 30 menit. Bilas sampai bersih.

10. Minyak Almond

Minyak almond dioleskan ke kulit kepala sampai rata sambil dipijat-pijat. Celupkan rambut ke dalam air hangat kemudian tutup selama setengah jam. Bilas sampai bersih.

Teima kasih telah membaca 10 tips ampuh dan alami menghilangkan ketombe di rambut dan kepala. Semoga dengan tips diatas ketombe dikepala anda datat diatasi dengan cepat.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengatasi Gatal di Kepala

0 Response to "10 Cara Alami Menghilangkan Ketombe"

Post a Comment