Cara Mencegah Stroke Mata

Blog Dokter - Penyakit stroke tidak hanya menyerang di usa tua saja. Sudah banyak kasus yang menyatakan usia muda juga tetap rentan oleh serangan ini. Stroke bukan hanya menyerang pada orang yang memiliki riwayat jantung atau tekanan darah tinggi. Namun stroke juga bisa menyerang indra anda seperti mata.

Sebelum anda mencegah stroke pada mata maka anda harusnya mengethaui penyebabnya. Penyumbatan bisa terjadi pada pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung ke mata (penyumbatan arteri retina) maupun pembuluh vena yang membawa darah dari mata ke jantung (penyumbatan vena retina). Ibarat pipa air yang tersumbat, air mengumpul, pipa menggembung hingga akhirnya pecah.

Pasien biasanya mengeluhkan pandangannya yang tiba-tiba gelap. Seperti halnya yang menyerang pengidap diabetes, penurunan penglihatan juga terjadi secara perlahan dalam jangka waktu berbulan-bulan. Itulah yang kadang tidak disadari oleh penderita. Apalagi stroke mata tidak disertai perubahan tampilan mata. Jika yang mengalami penyumbatan adalah pembuluh katoris -pembuluh penghubung antara jantung dan mata- biasanya disertai dengan mata merah dan nyeri. Dampaknya pun bisa sangat fatal.

Cara Mencegah Stroke Mata

Cara Mencegah Stroke Mata
Ilustrasi Mengalami Stroke mata
Oleh karena itu cara dibawah ini merupakan tips agar dapt terhindar dari stroke mata.

1. Menjaga tekanan darah
Menjaga tekanan darah sistolik di bawah 120 mmHg dan tekanan darah diastolik di bawah 80 mmHg.

Menjaga tekanan darah sangatlah penting. Kestabilan tekanan darah dapat mnjamin kesehatan pada seluruh saraf dan juga organ tubuh. Oleh karena itu rajin mengontrol tekanan darah sangat dianjurkan. Hindari pula makanan yang bisa memicu tekanan darah naik.
ADVERTISEMENT
2. Rajin berolahraga
Olahraga misalnya jalan atau berenang, minimal 30 menit sehari. Bila itu masih sulit, lakukan aktivitas fisik sehari-hari secara cukup, misalnya melakukan pekerjaan rumah tangga, mengutamakan naik tangga daripada menggunakan lift, memarkir mobil/motor agak jauh dari lobi kantor /tempat lain agar seseorang memiliki kesempatan untuk berjalan kaki lebih banyak.

3. Mengontrol berat badan
Berat badan yang ideal akan memberikan ketahanan tubuh yang baik. Oleh karena itu anda sebaiknya selalu mengontrol berat badan anda agar tidak berlebih. Menjaga berat badan ideal dengan mengkonsumsi makanan dan zat gizi berimbang, seperti :
- Makan makanan berserat, seperti sayur dan buah
- Kurangi garam, karena penggunaan garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah
- Hindari konsumsi alkohol
- Stop merokok dan hindari asap rokok

Terima kasih telah membca cara lami mencegah strok mata. Semoga dengan tips diatas anda dapat terhindar dari penyakit stroke mata.

Baca juga : 7 Cara Alami Mengobati Mata Katarak

0 Response to "Cara Mencegah Stroke Mata"

Post a Comment