10 Cara Ampuh Memiliki Anak Kembar

Blog Dokter - Memiliki anak kembar tentunya akan menjadikan kehidupan keluarga menjadi lebih seru. Anak kembar memang sangatlah unik walaupun kadang ketika membesarkannya orang tua akan menemui beberapa kesulitan dalam memberikan didikan kepada anak kembar. Namun masih banyak juga pasangan yang memilih untuk mengusahakan memiliki anak kembar.

Berbagai cara tentunya akan ditempuh pasangan agar dapat memperoleh anak kembar. Sebab memiliki anak kembar akan memiliki ceritanya sendiri dan tentunya akan memberikan banyak pengalaman khususnya bagi orang tua yang mendidik anak kembar. Tantangan serta pengalaman yang harus akan lebih beragam dan memberikan kita banyak ilmu dalam mendidik.

Namun memiliki anak kembar pun tidak gampang. Selain karena faktor genetika, memiliki anak kembar juga harus memiliki tips tertentu. Hampir 80% pasangan yang tidak memiliki genetik anak kembar akan gagal memperoleh anak kembar. Sehingga segala macaam tips tentunya harus dilakukan bagi pasangan .Tips tersebut juga bisa didapatkan lewat konsultasi dengan dokter fetilisasi. Namun bagi anda yang juga ingin mencari tips dan cara agar dapat melahirkan anak kembar, sahabat blog dokter dapat mengikuti tips di bawah ini.

  10 Cara Ampuh Memiliki Anak Kembar  

anak kembar
Ilustrasi Anak Kembar

Berikut cara untuk mendapatkan anak kembar yang sehat

1. Mengandung saat menggunakan kontrasepsi pil

Mengatur kehamilan dengan konsumsi pil sangat efektif sampai 99,9 persen. Tetapi 0,01 persennya adalah kemungkinan kehamilan kembar. Beberapa kehamilan saat berada pada masa konsumsi pil kontrasepsi terjadi karena kurang konsisten dalam mengkonsumsi pil tersebut, tidak mematuhi aturan minum pil dan juga penggunaannya. Sehingga ketidakteraturan tersebut akan memicu perilaku hormon yang berubah-ubah yang dapat mengakibatkan hiperovulasi. Saat hiperovulasi terjadi itulah kemungkinan mempunyai anak kembar bisa saja terjadi.

2. Mengandung saat menyusui

Banyak yang beranggapan bahwa wanita tidak bisa hamil ketika masih dalam masa menyusui, tetapi proses laktasi menjaga ibu tetap berovulasi dan mengalami menstruasi. Namun hal tersebut belum terbukti secara universal. Bahkan beberapa peneliti mendukung teori ini yang memungkinkan kehamilan kembar meningkat saat masa menyusui. Sebab saat itu hormone sedang berada pada masa stabil dan bisa memicu pembuahan maksimal dan memberikan peluang terhadap kehamilan kembar.

3. Keluarga besar

Makin banyak anak yang anda miliki makin mungkin anda mengalami kehamilan kembar. Tak seorangpun mengetahui dibutuhkan berapa kali hamil sehingga ibu dapat mengandung kembar. Coba terus sampai berhasil, meungkin itu kata yang lebih tepat. Namun kekurangan dari tips ini adalah tentunya karena tidak ada sama sekali jaminan bahwa suatu saat anda akan memilki anak kembar atau tidak.

4. Ke Dokter Spesialis Fertilitas

Teknologi reproduksi berkembang sangat pesat yang memungkinkan kelahiran kembar lebih tinggi. Obat tertentu dapat menstimulasi ovulasi, tetapi kehamilan kembar juga dapat dilakukan dengan cara sistim bayi tabung. Sistim ini tidak hanya mencangkokkan embrio pada ibu tetapi juga mempertinggi hal yang tidak bisa dijelaskan seperti jumlah calon bayi nantinya. Tak satupun dokter yang dapat memberi kepastian keberhasilannya, tetapi membantu memberi solusi yang mungkin.

lihat : Cara Cepat Hamil

5. Diet ubi dan susu

Memang belum terbukti secara medis, tetapi pada etnis Yoruba di Afrika Barat terbukti dengan kelahiran kembar tertinggi di seluruh dunia. Diketahui bahwa pada jenis ubi-ubian seperti ubi dan kentang mengandung zat kimia yang mampu memicu terjadinya hiperovulasi. Sebagai tambahan bahwa penelitian tahun 2006 pada wanita ang mengkonsumsi susu lebih banyak akan memiliki kemungkinan mengandung anak kembar.

6. Makin banyak kembar

Sekali anda mengandung kembar, maka pada kehamilan berikut anda akan memiliki kemungkinan mengandung bayi kembar lebih besar. Sebagai perkiraan ibu bayi kembar akan memiliki kemungkinan empat kali lipat mengandung kembar pada kehamilan berikutnya dibanding yang belum pernah mengandung.

7. Tunggu sampai usia lebih tua

Maksudnya adalah bahwa wanita yang berusia lebih tua akan memiliki kemungkinan lebih besar memiliki anak kembar dibanding wanita yang lebih muda. Diperkirakan ini sebagai akibat ovulasi yang makin cepat sesuai umur biologis yang bergerak makin cepat. 17 persen ibu dengan usia di atas 45 tahun memiliki peluang mengandung anak kembar. Tungu lima tahun lagi maka peluangnya akan menjadi 1 banding 9. Tetapi bagaimanapun juga mengandung pada usia tua akan meningkatkan resiko termasuk resiko keguguran dan meningkatnya kadar gula selama kehamilan. Sebagai tambahan bayi akan lebih banyak kemungkinan mengalami kelainan kromosom.

8. Gemuk dan tambah berat badan

Penelitian terakhir yang dimuat dalam American College of Obstetrics and Gynecology menunjukkan hubungan yang erat antara kecenderungan kelahiran kembar dengan naiknya kasus obesitas. Selanjutnya penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu dengan BMI (Body Mass Index) lebih dari 30 akan mempunya peluang lebih mengandung anak kembar. Sekali lagi statistik ini hanya terjadi pada pasangan dengan sejarah kelahiran kembar. Peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita dengan berat di atas rata-rata akan memiliki kecenderungan mengandung anak kembar.

9. Sejarah keluarga

Apakah dalam keluarga anda terdapat sejarah kelahiran kembar? Ibu anda, saudara kandung, paman, sepupu dengan kelahiran kembar? Jika ia anda bisa berharap anda dapat melahirkan pasangan kembar tanpa perlu usaha lebih keras. Terkadang pasangan kembar dapat terjadi secara turun-temurun. Jika ibu anda atau garis ibu ke atas memiliki sejarah kelahiran kembar, maka anda akan memiliki gen dengan kecenderungan hiperovulasi yaitu pelepasan sel telur secara berlebihan yang akan meningkatkan kemungkinan mengandung anak kembar.

10. Lagi berungtung saja

Banyak ibu bayi kembar yang tidak cocok dengan kriteria klasik di atas, maka berdoa saja. Kembar identik (monozigot twin) adalah sesuatu yang misterius; tak seorangpun mampu meramalkan bahwa sel telur akan memecahkan diri menjadi janin kembar.

Cara Cepat Hamil

Terima kasih telah membaca 10 Cara Ampuh Memiliki Anak Kembar. Semoga cara diatas dapan memberi sahabat blog dokter anak kembar yang sehat.

7 Responses to "10 Cara Ampuh Memiliki Anak Kembar"

  1. bisa dipelajari tuh,tapi dalam keluarga saya tidak ada riwayat kembar..apa ada kemungkinan dapat anak kembar gak ya dok

    ReplyDelete
  2. kk Qw kembar tapi meNinggaL, utk sy msh adah kemungkiNan kah ?

    ReplyDelete
  3. artikel yang bagus, referensinya cukup dalam. Terima kasih ya bisa jadi bahan rujukan untuk website saya

    ReplyDelete
  4. selama gk ada riwayat gen kembar,kemungkinan bayi kembar sangat kecil sekali

    ReplyDelete