8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Blog Dokter - Inilah 8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami. Gusi bengkak merupakan salah satu panyakit yang sangat mengganggu aktivitas setiap hari. Biasanya orang baru mengalami sakit gusi bengkak akan langsung ke dokter untuk meminta bantuannya. Tapi sekarang para dokter telah memberikan 8 Cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami dan dapat dilakukan dirumah tampa mengeluarkan biaya yang mahal.

Effek dari sakit gusi akan sampai pada rasa sakitnya yang memuncak. kadang sampai terasa hingga ke mata, pusing dan kadang bikin tubuh lemes. Saya menyadari betapa sakit dan tersiksanya penyakit itu. Sampai-sampai makan pun susah, kerjaan jadi tak fokus dan menimbulkan masalah-masalah lainnya.

Jadi Langsung saja anda membaca 8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami agar sakit pada gusi anda berkurang atau hilang.

8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi Bengkak
Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak
Berikut 8 cara mengobati gusi bengkak secara alami.

1.Berkumur air garam hangat
Berkumur dengan air garam merupakan cara tradisional yang terbukti ampuh meredakan rasa sakit selama beberapa saat. Air garam sendiri merupakan salah satu zar antiseptik melawan kuman. Kumurlah air garam dengan air hangat selama beberapa kali, setelah itu kumur dengan air bersih.
ADVERTISEMENT
2. Hidrogen peroksida atau baking soda
Anda juga bisa membuat obat alami kumur sendiri dengan mencampurkan air dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Berkumurlah beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

3. Minum banyak air
Minum air dalam jumlah yang banyak dapat membuat mulut menghasilkan air liur yang lebih banyak. Selain sangat baik dalam pencernaan, air liur yang banyak juga bermanfaat dalam membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Jadi ketika gusi anda sakit, perbanyaklah minum air umtuk menjaga kebersihan mulut dari dari sarang bakteri dan kuman.

4. Memijat Gusi
Anda bisa memijat bagian gusi yang sakit dengan telunjuk jari yang bersih. Gosok gusi dengan gerakan melingkar dari awal garis gusi. Pijatan-pijatan pada gusi dapat membuat sirkulasi darah meningkat dan membantu proses penyembuhan.

5. Hindari makanan penyebab plak dan konsumsi vitamin

Sebaik mungkin anda menghindari makanan-makanan yang dapat menempel pada gusi dan membangun plak seperti roti putih dan sebagainya. Sebaliknya anda harus banyak-banyak mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak seperti sayuran segar dan buah-buahan.

6. Sikat Gigi teratur
Jangan lupa menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat.

7. Menggunakan sirih
Ambil 15 gram daun dan akar sereh lalu campurkan dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya lalu direbus dengan 500 cc, selanjutnya disaring dan airnya untuk berkumur atau bisa juga diminum.

8. Minyak cengkeh dan lada hitam
Minyak cengkeh merupakan obat-obatan tradisional yang digunakan sejak dulu kala dalam mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya dengan mengusapkan minyak cengkeh dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakan rasa sakit pada gusi.

Terimah kasih atas kunjungannya. Seperti itulah 8 cara alami mengobati gusi bengkak. Semoga cara diatas dapat membatu sahabat blog dokter mengatasi sakit pada gusi.

Baca Juga : 

4 Responses to "8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami"

  1. semoga bisa membantu ini caranya :)

    sakit bangeeettt -___-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Gan, Saya Doakan Gusinya cepat sembuh.
      Thanks atas kunjungannya.

      Delete
  2. poin ke 7 itu sirih apa sereh sih ?

    ReplyDelete