10 Tips Mengetahui Gejala Diabetes Sejak Dini

Blog Dokter | Banyak yang mengatakan bahwa diabetes adalah penyakit keturunan. Namun bagaimanapun diabetes haruslah di ketahui gejalanya sejal dini.

Berikut adalah gejala yang bisa dideteksi jika ingin menetahui apakah anda menderita penyakit diabetes atau tidak.

10 Tips Mengetahui Gejala Diabetes Sejak Dini


1. Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Banyak orang yang senang ketika berat badannya turun. Namun anda harus berhati-hati jika berat badan anda turun secara tiba-tiba yang proses diet dan sebagainya. Itu bisa saja merupakan salah satu gejala diabetes.

2. Buang Air Kecil Lebih Sering

Ini merupakan indikasi lain bahwa seseorang mengidap diabetes. Jika Anda lebih sering buang air kecil lebih sering, kondisi ini disebut poliuria.

3. Sering Haus

Sering haus menjadikan seseorang menyimpulkannya bahwa hanyalah dehidrasi biasa. Tetapi gejala sering haus juga biasanya disebabkan karena gejala diabetes.

4. Penglihatan Semakin Lemah
Jika penglihatan Anda semakin sering kabur, itu bisa disebabkan katena tingkat glukosa dalam darah meningkat. Glukosa tersebut akan menumpuk di sekitar lensa mata, sehingga penglihatan Anda sering tidak fokus.

5. Mengalami Penggelapan Warna Kulit
Bintik-bintik gelap mulai muncul di kulit. Biasanya bintik atau penggelapan kulit terjadi di sekitar leher dan merupakan indikasi diabetes. Tubuh merespon insulin dengan menghasilkan lebih banyak pigmen, sehingga beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap.

6. Mudah Lelah

Anda lebih mudah lelah daripada biasanya. Waspadai gejala ini karena ini merupakan gejala diabetes.

7. Sering Merasa Lapar
Kadar insulin membuat orang merasa mudah lapar walaupun sudah makan banyak dari biasanya. Dorongan rasa lapar ini memuat seseorang makan lebih banyak atau secara medis disebut dengan polifagia.

8. Luka Butuh Waktu Lama Untuk Sembuh
Indikasi mudah untuk mengetahui gejala diabetes adalah luka pada tubuh Anda. Jika Anda mengalami luka potong atau luka gores yang lama kering dan lama sembuh dibanding biasanya, ini adalah gejala yang harus diwaspadai.

9. Sering Mengalami Infeksi Vagina dan Saluran Kemih
Ketika glukosa sudah melebihi batas tertentu, beberapa tubuh Anda akan mengalami infeksi berkala. Jika Anda lebih sering mengalami infeksi, terutama pada vagina dan saluran kandung kemih, bisa jadi ini adalah gejala diabetes.

10. Kaki Mati Rasa Saat Ditusuk Jarum
Indikasi lain diabetes adalah menurunnya fungsi saraf yang menghilangkan sensasi sakit pada tungkai kaki, atau sering kesemutan. Waspada gejala ini, apalagi jika Anda tidak merasa sakit saat kaki tertusuk jarum.

0 Response to "10 Tips Mengetahui Gejala Diabetes Sejak Dini"

Post a Comment