6 Manfaat Mandi di Subuh Hari untuk Kesehatan, Coba Yuk Biar Dingin

Blog Dokter - Mandi adalah salah satu aktifitas rutin siapa saja setiap hari. Pola dan jadwal mandi seseorang berbeda-beda namun pada umumnya seseorang akan mandi pada pagi hari setelah matahari terbit. Selain itu beberapa yang lainnya juga memilih untuk mandi di siang hari sesuai dengan jadwal mereka. Namun tahukah anda memilih jadwal mandi juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan?

Tidak sedikit seseorang memilih untuk mandi saat matahari belum terbit. Brr, tentu akan terasa sangat dingin. Apalagi jika di subuh hari itu anda harus menyiram kepala. Namun jangan terlalu cepat menyimpulkan loh, sebab selain fakta bahwa mandi subuh sebenarnya tidak menyisakan sensasi dingin begitu lama, mandi subuh juga menyimpan rahasia kesehatan yang patut anda ketahui. Bahkan akan lebih bermanfaat jika anda mandi tetap menggunakan air dingin.

Manfaat Mandi di Subuh

Berikut merupakan manfaat mandi subuh hari untuk kesehatan anda.

1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi anda pasangan suami istri dan juga bagi yang belum menikah, harus anda ketahui bahwa hormon kesuburan atau hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita bisa meningkat produksinya jika anda rutin mandi subuh dengan menggunakan air dingin. Mandi subuh dapat meningkatkan kesuburan anda serta gairah seksual . sehingga anda yang belum mempunyai anak bisa membiasakan kebiasaan ini sebagai terapi. 

2. Melancarkan Peredaran Darah

Badan yang sering sakit serta keluhan sakit kepala umumnya terjadi karena sirkulasi darah anda tidak mengalir dengan lancar. Keluhan tersebut ternyata bisa diatasi dengan rajin dan rutin mandi di subuh hari. Sistem peredaran dah serta syaraf akan dirangsang menjadi aktif saat anda mandi di subuh hari, sebab tubuh akan bereaksi terhadap suhu rendah air yang anda gunakan untuk mandi.

3. Mempercantik dan memperhalus kulit

Saat anda mandi subuh anda akan merasakan kesegaran secara dini. Hal ini disebabkan metabolisme tubuh yang bekerja cepat karena rangsangan dari suhu dingin air. Selain itu hal ini juga berhubungan dengan peremajaan kulit. Sebab kulit yang secara rutin terkena air pada subuh hari akan lebih fresh dan cantik karena ia bekerja dengan cepat dan tidak melambat dibadingkan anda harus mandi di siang hari. Selain itu kantung mata anda juga bisa diatasi dengan mandi subuh.

4. Mempersehat Rambut

Rambut yang dicuci dengan air dingin di subuh hari akan lebih sehat karena akan mengatasi kerontokan rambut anda. Sehingga masalah rambut yang lainnya juga bisa terhindari jika anda mandi di subuh hari.

5. Meningkatkan Sel Darah Putih

Sel darah putih berfungsi untuk menangkal virus dalam tubuh. Saat anda mandi di subuh hari tubuh bekerja lebih cepat utamanya juga dalam menghasilkan sel darah putih anda sehingga daya tahan tubuh anda akan lebih kuat dan membuat tubuh lebih sehat.

6. Mengatasi Depresi

Selain kesehatan tubuh kesehatan jiwa juga bisa diobati dengan mandi subuh. Depresi akan berkurang seiring dengan kebiasaan anda mandi subuh. Hal ini terjadi karena rasa yang lebih fresh bisa anda rasakan daripada harus mandi di pagi dan siang hari.
Itulah beberapa manfaat dari mandi di subuh hari yang mesti anda ketahui. Semoga dengan artikel ini anda bisa mengubah kebiasaan anda. Namun jika anda punya penyakit tertentu anda bisa mengonsultasikannya pada dokter seperti rematik dan penyakit lainnya apakah anda harus menggunakan air hangat untuk kesehatan anda yang lebih baik.

0 Response to "6 Manfaat Mandi di Subuh Hari untuk Kesehatan, Coba Yuk Biar Dingin"

Post a Comment