4 Dampak Buruk Stres Bagi Kecantikan Kulit

Kesehatan Kulit - Stres memiliki pengaruh negatif secara menyeluruh terhadap kesehatan tubuh. Namun kali ini kita akan membahas dampak buruk stres bagi kecantikan kulit. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab masalah kulit, seperti misalnya konsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan stress. Stress adalah sebuah kondisi dimana kita mengalami gangguan emosi yang menyebabkan terganggunya sistem tubuh. Lalu bagaimana stres memicu masalah pada kulit?

dampak buruk stres bagi kecantikan kulit

Efek Buruk Stres Terhadap Kecantikan Kulit

1. Stress mengganggu pola tidur

Stres bisa mengganggu rutinitas tidur seseorang. Seperti diketahui, tidur memiliki manfaat yang luar biasa untuk meremajakan sel-sel kulit. Jadi jika anda merasa stress, maka secara tidak langsung tidur anda akan terganggu dan bisa menyebabkan masalah pada kulit. Ini bisa dilihat terutama pada area kulit sekitar mata, biasanya berubah menjadi tidak bersinar dan kendur.

Baca juga : Tips Mengembalikan Pola Tidur Sehat

2. Kerutan

Mungkin anda juga sudah sering mendengar bagaimana stress bisa membuat seseorang mengalami kerutan lebih cepat. Nah, ini ada kaitanya dengan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon bisa berakibat pada peningkatan tekanan darah dan terjadinya kontraksi pembuluh darah. Ini akan membuat menjadi otot mengkerut sehingga memunculkan kerutan-kerutan di area wajah secara perlahan.

Lihat : Cara Mencegah Kerutan di Wajah

3. Terganggunya keseimbangan hormon

Stress juga bisa mempengaruhi perilisan hormon. Kondisi ini bisa menyebabkan darah mengalir menjauhi kulit menuju organ tubuh lainnya. Padahal kulit juga termasuk salah satu organ yang membutuhkan pasokan darah secara konstan. Jika anda mengalami kondisi stres yang sangat parah, maka secara langsung akan berdampak terhadap kesehatan kulit. Kulit membutuhkan asupan nutrisi serta oksigen karena tanpa kedua substansi ini, kulit akan mengalami malnutrisi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengontrol emosi agar jangan sampai terjerembab ke dalam kondisi stres berkepanjangan.

4. Kulit kering

Masalah lain yang bisa muncul akibat stres adalah keringnya kulit. Kulit yang kering adalah akar dari berbagai masalah lain, seperti inflamasi, hiperpigmentasi, dan jerawat. Kita disarankan untuk menjaga kulit agar tetap lembab dengan memakai lotion sehingga kelembaban tidak menguap begitu saja ke udara. Jika kulit terlalu kering dalam waktu yang lama, maka lapisan terluarnya akan berubah menjadi sangat tipis. Dengan kulit yang tipis, pertahanan terhadap sinar ultraviolet juga akan melemah. Seperti yang tidak tahu, sinar ultraviolet merupakan salah satu penyebab utama kanker kulit dan berbagai masalah lainnya. Saat mengalami kondisi stress, jangan lupa untuk mengkonsumsi cukup air agar kulit tetap terhidrasi.

Artikel Lainnya : Cara Menghilangkan Kulit Kering

Sekian informasi tentang dampak buruk stres bagi kecantikan kulit. Semoga anda dapat mencegah terjadinya stres agar kulit tetap sehat dan cantik.

0 Response to "4 Dampak Buruk Stres Bagi Kecantikan Kulit"

Post a Comment