5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Cacingan pada Anak

Tips Kesehatan - Buah hati atau anak merupakan titipan dari Tuhan Yang Maha Esa. Tentu sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk menjaga kesehatannya dengan baik. Menjaga kesehatan dapat Anda lakukan secara beragam dari mengajarinya pola hidup sehat, memberikan makanan yang bergizi tinggi, memberikan vitamin sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh, dan memberikan obat saat dia sakit.

Dari survei yang telah dilakukan pemerintah (departemen kesehatan) menunjukan bahwa 67 juta lebih anak Indonesia memerlukan pencegahan cacingan. Survei ini dilakukan di berbagai daerah wilayah Indonesia. Banyak juga dari orang tua yang belum mengetahui ciri anak terkena cacingan dan bagaimana menalanggulanginya.

  Langkah yang Baik Agar Anak Terhindar Dari Penyakit Cacingan  

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Cacingan pada Anak

Berikut 5 cara untuk mencegah anak mengalami cacingan yang dilansir dari drg. Vensya Sitohang, M. Epid. Simak dengan baik.

1. Melakukan pola hidup sehat

Anak akan memiliki pola hidup yang baik dengan belajar dari orang tua. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda mengajarkan dengan baik pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa diwujudkan dengan rajin menjaga kebersihan, tak lupa berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Menjaga kebersihan mulai diwujudkan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Lihat : Cara Mengobati Anak Cacingan

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Ajarkanlah anak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Berikanlah pengertian bahwa kebersihan lingkungan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh karena kuman akan berkembang biak di tempat yang kotor. Kuman dapat menyebabkan dia mengidap penyakit. Anda juga harus memberikan lingkungan rumah yang sehat, seperti adanya ventilasi dan jendela, tempat sampah, dan sanitasi yang baik.

3. Tidak jajan sembarangan

Ajarkan anak untuk tidak membeli makanan di luar. Anda juga harus memberikan makanan yang sehat dan bervariatif agar anak tidak bosan. Karena makanan yang dijual belum tentu dari bahan dan cara pengolahan yang sehat.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Pertumbuhan Anak

4. Hati-hati dengan gejala 5L

Hati-hati jika anak Anda sudah menunjukan ciri-ciri 5L, yaitu letih, lemas, lemah, lelah, dan lunglai. Bisa jadi ini merupakan tanda dari cacingan. Segeralah beri obat cacing supaya tidak parah.

5. Obat Cacing setiap 6 bulan sekali

Jika anak telah positif mengalami cacingan sebaiknya segera beri obat cacing. Lebih baik Anda memberikannya secara rutin. Obat cacing akan menyebabkan cacing di dalam tubuh mati dan keluar melalui saluran pencernaan.

Seperti itulah pembahasan mengenai cara mencegah penyakit cacingan yang sering di alami buah hati. Semoga dengan informasi diatas sahabat blog dokter dapat menghindari penyakit tersebut.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Cacingan pada Anak"

Post a Comment