10 Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan

Blog Dokter - Berpuasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Selama sebulan kita berpuasa tentunya kita tidak iingin berpuasa tanpa cara yang baik dan juga secara total bisa menyehatkan tubuh kita. Berpuasa yang sehat sangat mudah caranya, namun banyak sekali orang yang mengabaikan hal tersebut.

Oleh sebab itu beberapa tips yang telah dilansir dari berbagai sumber ini merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mencapai puasa sehat selama ramdhan. Selamat Mencoba.

10 Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan

Tips puasa sehat selama ramadhan
Ilustrasi Olahraga ringan di bulan ramadhan
Berikut Tips Berpuasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan.

 1  Senang Hati

Banyak yang percaya bahwa kesehatan juga sangat bergantung pada sugesti yang ada dalam pikiran. Jika selalu membawa pikiran yang sehta dan jiwa yang selalu tentram dan senang maka akan baik pula bagi kesehatan anda. Sama halnya dengan berpuasa, jika hati selalu senag maka sehatnya berpuasa akan selalu terjaga. Hal ini dikarenakan adanya reduksi epinefrin, dan juga glucagon yang meningkat dan membantu agar lebih kuat berpuasa. Selain itu organ pencernaan dan sekresi juga akan turut terpengaruh dengan aktifitas positif tersebut.
ADVERTISEMENT
 2  Sahur

Sebelum berpuasa tentunya kita tentunya sahur terlebuh dahulu. Terkadang beberapa orang juga tidak terlalu memperhatikan sahur nya, tetapi hal tersebut keliru. Sahur merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, sebab akan berpengaruh pada kesehatn berpuasa kita.

 3  Makanan berbuka

Sebagaimana sunnah rasul bahwa sebaiknya saat berpuasa anda berbukalah dengan makanan yang manis. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka untuk menstabilkan kadar gula dalam darah anda. Setelah itu anda sebaiknya tidak langsung mengonsumsi makanan berat karena akan membuat perut kaget. Ini menjadi salah satu tips berpuasa sehat selama bulan ramadhan.

 4  Mengunyah makanan

Pesan orang tua dari jaman dahulu merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Mereka selalu berpesan untuk mengunyah makanan dengan lama. Dalam ilmu kesehatan mengunyah makanan dengan baik merupakan hal yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan lambung anda.

 5  Makanan sehat

Konsumsilah makanan yang sehat dengan menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet dan juga makanan yang instan. Makanan yang sehat saat berbuka akan menjaga ketahanan berpuasa anda selama ramadhan.

 6  Jaga tubuh agar terhidrasi

Menjaga tubuh terhidrasi merupakan hal yang penting. Oleh karena itu minumlah air putih yang banyak di malam hari agar saat berpuasa esok harinya anda bisa tetap segar dengan kebutuhan air yang tercukupi.

 7  Olahraga

Banyak orang yang tidak melakukan olahraga saat berpuasa sebab mereka menganggap mereka akan lelah dan mudah lapar serta haus. Padahal dengan berolahraga, anda akan terlatih untuk tidak mudah lelah. Anda bisa berolahraga sesaat sebelum berbuka.

 8  Tidur cukup

Kebutuhan akan tidur juga harus tetap terjaga. Jangan sampai anda kurang tidur. Sebab jika kurang tidur maka anda akan tidak fit dan membuat kondisi tubuh selalu merasa lelah dan juga mengakibatkan anda mudah lapar dan haus.

 9  Kurangi merokok

Bagi perokok anda sebaiknya mengurangi konsumsi rokok saat berbuka. Hal ini juga bisa membantu anda terapi untuk tidak bergantung pada rokok lagi saat berpuasa. Sehingga anda bisa hidup dengan sehat,

 10  Kendalikan emosi Anda

Tentu kita ketahui bersama bahwa bukan hanya lapar dan haus saja yang harus kita tahan. Namun pentingnya mengendalikan emosi saat berpuasa akan berpengaruh kuat untuk kesehatan anda utamanya jiwa serta pikiran anda.

Seprti itulah 10 tips berpuasa yang sehat selama bulan suci ramadhan. Semoga dengan tips diatas kondisi tubuh dan jiwa sahabat blog dokter akan selalu sehat dan fit.

0 Response to "10 Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan"

Post a Comment