7 Penyebab Penyakit Jantung koroner

Blog Dokter - Penyakit jantung merupakan pembunuh utama masyarakat Indonesia. Utamanya lagi ialah penyakit jantung koroner yaitu merupkan penyumbatan terhadap nadi koroner akibat menumpuknya lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplaian darah ke jantung menjadi terganggu. Selain itu ada juga faktor lain yang menyebabkannya seperti pola hidup dan juga kurangnya berolahraga.

7 Penyebab Penyakit Jantung koroner

penyebab penyakit jantung koroner
Ilustrasi Mengalami Penyakit Jantung Koroner
Dalam menyikapi hal ini anda sebaiknya mencari tahu apakah penyebab dari penyakit jantung koroner. Berikut merupakan beberapa faktor utama dari penyebab jantung koroner.


1. Kadar Kolesterol Tinggi

Seperti yang di jelaskan di awal bahwa jantung koroner karena adanya endapan lemak pada dinding arteri koroner, yang terdiri dari kolesterol dan zat buangan lainnya. Oleh karena itu jika anda ingin mengurangi risiko penyakit jantung koroner,menjaga kadar kolestrol dalam darah sangatlah penting. Sebenarnya kolestrol itu juga sangat bermanfaat di tubuh namun jika dalam jumlah yang banyak akan sangat berbahaya.
ADVERTISEMENT

2. Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab yang sangat berpengaruh terhadap jantung koroner. Dalam dunia kesehatan pengukuran terhadap tekanan darah terbagi dua yaitu tekanan sistolik dan tekanan diastolik . Dimana tekanan sistolik adalah tekanan darah yang memancar dari jantung ke seluruh tubuh. Tekanan diastolik adalah tekanan darah yang kembali mengisi jantung. Secara umum orang dikatakan menderita hipertensi bila tekanan darah sistolik/diastoliknya di atas 140/90 mmHg.


3. Trombosis

Trombosis juga faktor penentu jantung koroner. Trombosit adalah gumpalan darah pada arteri dan vena. Potensi gumpalan trombosit bisa dipengaruhi oleh faktor kerutinan merokok dan utamanya partikel bebas dalam tubuh.


4. Kegemukan

Orang-orang yang menderita obesitas akan memberikan banyak potensi terserang penyakit jantung koroner. Sebab obesitas sangat erat kaitannya dengan resiko tekanan darah apalagi diabetes. Orang yang kegemukan juga cenderung memiliki kadar HDL rendah/LDL tinggi.


5. Diabetes mellitus

Penyakit diabetes atau kelebihan kandungan gula dalam darah merupakan pemicu dari jantung koroner. Banyak dari penderita diabetes meninggal bukan karena kenaikan gula darahnya namun karena gangguan kardiovaskular atau jantung koroner.


6. Penuaan

Usia tentunya sangat berpengaruh terhadap segala jenis penyakit tak terkecuali jantung koroner. Efektifitas organ tubuh tentunya akan menurun pula sepanjang usia menua. Sangat banyak ditemukan orang-orang menderita jantung koroner ketika ia berada pada usia yang tidak muda lagi.


7. Keturunan

Jantung koroner merupakan penyakit yang bisa menurun bahkan memiliki potensi yang lebih besar. Sehingga jika ada dari orang tua anda yang terserang jantung koroner maka anda juga perlu berhai-hati dalam mengatur pola hidup anda.

Nah itulah tadi beberapa dari penyebab jantung koroner yang semoga bisa membantu anda untuk memulai mengantisipasi potensi anda terserang penyakit jantung koroner. Semoga anda bisa mendapatkan manfaat serta bisa berbagi pada keluarga serta teman anda.

0 Response to "7 Penyebab Penyakit Jantung koroner"

Post a Comment