4 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Blog Dokter - Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari alam yang terhampar luas. Mulai dari hewan, tumbuhan ataupun alam yang lainnya. Kali ini kita akan mengupas kegunaan salah satu tumbuhan atau biji-bijian yang berada di sekitar kita. Yaitu kacang hijau.

Secara umum kacang hijau hanya digunakan untuk pelengkap sayuran anda, atau di campur dengan gula jawa dan santan lalu disajikan dalam bentuk bubur. Namun apakah anda tahu, bahwa kacang hijau memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Artikel di bawah ini akan megupas manfaat kacang hijau untuk anda.

4 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

manfaat kacang hijau
Ilustrasi Kacang Hijau
Berikut 4 Manfaat Penting Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Kolesterol
Kacang hijau adalah termasuk bahan makanan yang mengandung serat yang sangat tinggi. Sealin baik untuk perncernaan dan metabolism, kacang hijau juga mengandung kolestrol yang sangat rendah. Sehingga kacang hijau juga sangat baik untuk anda yang menderita penyakit kolestrol tinggi.
ADVERTISEMENT
2. Setelah menopause
Kacang hijau memiliki kandungan isoflavon yang mampu mengatur aktivitas hormon. Isoflavon adalah salah satu jenis phytoestrogen yang mampu meredakan gejala-gejala menopause pada wanita, misalkan rasa terbakar, atau lainnya. Selain itu kacang hijau juga sangat membantu untuk mengurangi resiko kerapuhan tulang.

3. Diabetes
Bagi penderita diabetes kacang hijau merupakan makanan yang aman. Makanan ini bisa membantu mengatur tingkat gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang hijau dan kecambah kacang hijau selama lima minggu kacang hijau mampu mengurangi tingkat glukosa dalam darah, C-peptide, glucagon, dan tingkat urea nitrogen dalam darah.

4. Protein
Meski bukan daging kacang hijau mengandung proetein yang tinggi dan bisa anda konsumsi sebagai penambah energy.

Terima kasih telah membaca 4 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan. Semoga dengan artikel diatas anda lebih sering mengkonsumsi kacang hijau.

Baca juga : 7 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

1 Response to "4 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan"