10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

BlogDokter - Ponsel memiliki banyak sekali fungsi. Apalagi di jaman sekarang ini ponsel tidak hany berguna untuk nelpon dan sms saja, namun memiliki banyak fungsi lainnya. Oleh karena itu pemakaian ponsel memang tidak bisa terhitung lagi mengingat betapa pentingnya gadget ini.

Namun tahukah anda bahwa ponsel juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Sebab ponsel bisa memberikan radiasi pada benda yang ada di sekitarnya termasuk pemakainya. Radiasi ponsel secara jangka pendek memang tidak akan terlihat . namun dalam jangka panjang, ia akan berdampak pada kesehatan. Sebut saja kanker dan penyakit kronik lainnya yang muncul akibat partikel bebas yang disebabkan oleh radiasi.

10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel
Ilustrasi Wanita Menggunakan Handphone
Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mencegah banyaknya terkena radiasi ponsel. Berikut 10 tips mengurangi bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan di bawah ini semoga bisa membantu anda.

1. Gunakan Headset
Gunakan headset setiap Anda menelepon atau menerima panggilan telepon agar ponsel tidak terlalu dekat dengan otak.

2. Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless
Pilihlah headset yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan ponsel. Jangan menggunakan jenis headset wireless. Juga gunakan fitur bluetooth seperlunya saja, matikan jika tidak perlu.
ADVERTISEMENT
3. Speakerphone
Jika Anda tidak memiliki headset, mengaktifkan modus loudspeaker bisa jadi pilihan. Anda jadi bisa mendengarkan suara panggilan tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga.

4. Lebih baik SMS
Bila anda terbiasa dengan SMS-ria, sekarang anda punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan anda tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi Hp, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.

5. Gunakan Casing Penahan Radiasi
Sekarang banyak produsen menciptakan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika dirasa perlu, mungkin Anda bisa mencari dan menggunakannya.

6. Matikan ponsel saat signal lemah
Ketika berada di daerah dengan signal telekomunikasi yang lemah, sebaiknya matikan ponsel. Sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi.

7. Diam di tempat saat menelepon
Hindari berjalan kesana kemari saat menerima telepon. Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi. Karena dalam keadaan bergerak maka sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS).

8. Gunakan dua telinga
Usahakan untuk bergantian menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian saat menerima telepon.

9. Letakkan ponsel di tas
Saat tidak digunakan, sebaiknya letakkan ponsel di tas atau meja. Jangan terus menerus menempel disaku.

10. Mengurangi pemakaian Smartphone
Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi Hp.

Demikian Artikel tentang 10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda dan Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga : 10 Cara Praktis Menghindari Kanker


10 Cara Ampuh Menghindari Kanker

2 Responses to "10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel"

  1. ada lagi kabarnya, kebiasaan meletakan hp di dekat sekitar kepala saat tidur. ini akan memicu menimbulkan kanker otak, terutama pd hp yg bermerk china.
    N tnx bgt infonya... :-)

    ReplyDelete