Penyusunan Menu Makanan Sehat Saat Hamil Dalam Tiga Tahap

Blog Dokter - Biasanya penyusunan menu makanan sehat saat hamil dilakukan berdasarkan pembagian usia kehamilan. Dengan demikian, anda akan menemukan pembagian umum antara trimester pertama dan trimester kedua yang meskipun tidak banyak ditemukan perbedaan dalam menu yang disajikan, akan tetapi hal itu bisa jadi sangat penting. Hal itu disebabkan oleh eratnya hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Karena itu, akan lebih penting bagi anda untuk mengetahui konsep dasar pembagian menu makanan secara umum.

  Menu Makanan Sehat Saat Hamil Dalam Tiga Tahap  

Menu Makanan Sehat Saat Hamil

Menu makanan ibu hamil trimester pertama

Pemilihan menu makanan sehatsaat hamil pada trimester pertama biasanya didasarkan pada kebutuhan yang sangat tinggi untuk membentuk kondisi dasar janin yang sehat. Jika sejak awal anda mengarahkan kondisi janin anda pada kondisi yang tidak bagus, maka hasil akhir saat janin dilahirkan pun akan buruk pula. Karena itu jelas pentingnya menyusun menu yang tepat pada masa ini bisa dilihat sebagai sebuah keharusan yang bahkan bisa dikatakan lebih penting dari di trimester kedua.

Ada beberapa contoh menu yang bisa disajikan pada masa ini. Tentu saja karena kebutuhan dasar manusia akan kesehatan berpangkal pada empat sehat lima sempurna yang memberikan nutrisi seimbang, maka contoh yang paling baik tentu saja dari golongan buah-buahan, sayuran, sereal, seafood, dan susu. Masing-masing bagian dari menu makanan sehat saat hamil ini memiliki fungsi yang berbeda dan gabungan kesemuanya akan membentuk kondisi awal janin yang sehat. Sementara misalnya buah-buahan akan meningkatkan kecerdasan janin setelah dilahirkan sebagaimana sereal, maka sayuran akan mempertinggi kesehatan ibu hamil. Demikian juga susu misalnya memiliki fungsi untuk memperkuat penyusunan otot janin.

Menu makanan ibu hamil trimester kedua

Sebagaimana pada trimester pertama, maka pemilihan menu makanan sehatsaat hamil pada trimester kedua juga difokuskan pada kebutuhan akan nutrisi tubuh. Trimester kedua merupakan pertengahan masa kehamilan sehingga asalkan pada trimester pertama anda sudah bisa menyusun menu yang sehat, maka pada trimester kedua ini anda tinggal melanjutkannya sesuai kebutuhan tubuh yang bisa berbeda pada setiap ibu hamil. Salah satu menu yang paling tepat untuk dikonsumsi misalnya ikan-ikanan yang memang bisa memberi asupan vitamin tinggi. Selain itu ayam, sayuran, dan susu juga merupakan pilihan menu yang dianjurkan.

Kemudian ada juga terkadang pembahasan akan penyusunan menu menu makanan sehat saat hamil pada trimester ketiga. Masa ini merupakan penyusunan menu yang paling mudah karena anda sudah menyelesaikan dua tahap penyusunan menu. Asupan yang paling dibutuhkan pada trimester ini adalah asupan vitamin. Karena itu anda bisa memfokuskan asupan yang satu ini lebih banyak daripada asupan makanan yang lain. Vitamin akan membantu kelancaran masa akhir anda mengandung sampai ketika saatnya nanti anda melahirkan.

Baca Juga :
Seperti itulah tips memilih makanan yang sehat saat hamil. Semoga dengan informasi diatas sahabat inti-kesehatan.blogspot.com dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan janin.

0 Response to "Penyusunan Menu Makanan Sehat Saat Hamil Dalam Tiga Tahap"

Post a Comment