6 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

Blog Dokter - Di bulan ramadhan seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa. Umat muslim harus menahan lapar dari terbit fajar dan terbenamnya matahari. Banyak orang juga yang memanfaatkan momen puasa ini dengan berdiet. Namun banyak pula yang pada akhirnya khawatir sebab schedule diet yang telah direncanakan akan berubah dan tentunya akan mempengaruhi hasil diet yang diharapkan. Apalagi saat berpuasa anda harus banyak memakan makanan yang manis dan tentunya hal itu sangat berpotensi menaikkan berat badan anda.

6 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan

diet sehat selama bulan ramadhan
Ilustrasi Menjalankan Program Diet Saat Puasa
Oleh karena itu anda sebaiknya mencari cara menjaga diet anda tetap stabil pada bulan ramadhan. Oleh sebab itu bebrapa tips di bawah ini memberikan anda petunjuk untuk berdiet dengan baik saat bulan ramadhan.

Berikut 6 Tips Diet Sehat Selama bulan Ramadhan

 1  Atur jadwal makanan anda

Saat berpuasa tentunya anda tida bisa menjadwal makanan anda seperti biasa. Namun sebenarnya anda bisa mengibaratkan jadwal makan masih tetap teratur, dimulai dari sahur , berbuka, dan juga saat malam. Anda bisa menganggap sahur sebagai makan pagi, berbuka adalah ngemil, dan makanlah saat malam untuk makan malam anda. Sehingga anda bisa tetap mengatur asupan yang anda butuhkan untuk mengatur diet anda seperti biasa.
ADVERTISEMENT
 2  Makanan yang kaya serat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan juga karbohidrat kompleks merupakan hal yang baik bagi anda. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan juga sayuran utamanya saat sahur dan berbuka. Makanan yang akan serat merupakan hal yang sangat baik dalam menyeimbangkan asupan dalam tubuh anda dan baik bagi daftar makanan asupan untuk diet.

 3  Kontrol makanan manis

Walaupun dalam hadits dikatakan bahwa berbuka dengan manis itu baik, dan juga tradisi orang indonesia yang selalu menyediakan makanan seperti kolak dan juga jenis makanan manis lainnya, namun anda haruslah tetap mengontrol makanan manis anda. Apalagi jika anda menderita diabetes maka hal itu sangatlah berbahya bagi anda. Terlebih lagi jika anda sedang program diet, maka makanan manis tentunya tidak akan mendukung program diet anda.

 4  Hindari gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan dan snack khas orang Indonesia utamanya juga saat berbuka. Padahal makanan yang berminyak sangatlah berbahaya bagi anda bahkan jika anda sedang berdiet. Hal ini juga sangatlah berbahaya bagi kesehatan anda utamnya penyekit kolestrol dan asam urat.

 5  Kunyah makanan anda dengan baik

Jika anda makan sahur dan juga berbuka, usahakan untuk mengunyah makanan anda dengan baik. Hindari untuk langsung memasukkan banyak makanan sekaligus dalam mulut anda dan langsung menelannya. Hal itu bisa saja menambah berat badan sebab makanan yang tidak dikunyah dengan baik membutuhkan waktu lama dicerna dalam tubuh, dan menimbulkan penimbunan dalam perut.

 6  Berjalan saat malam hari

Berjalan yang dimaksud disini adalah sebagai pengganti olahraga diet anda. Anda sebaiknya berjalan selama 10 menit dalam satu hari. Hal ini juga berfingsi untuk memberikan kesehatan pada organ penting anda, dan membantu metabolisme tubuh anda. Selain itu pencernaan juga bisa lancar jika anda rajin menggerakkan anggota tubuh anda. Sehingga walaupun berpuasa anda bisa tetap menjaga olahraga kecil dengan berjalan-jalan di malam hari.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga diet anda tetap sehat di saat bulan ramadhan. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat melakukan program diet selama bulan suci ramadhan.

0 Response to "6 Tips Diet Sehat Selama Bulan Ramadhan"

Post a Comment