Ciri Ciri Kanker Kulit yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini

Kesehatan Kulit - Apa saja ciri-ciri kanker kulit? Kanker secara umum adalah penyakit yang berbahaya. Kanker kulit termasuk yang paling sering dialami oleh populasi manusia. Masalah ini bisa diderita oleh siapa saja dan pada usia berapa saja. Hanya saja, mereka yang lebih sering terpapar oleh sinar UV beresiko untuk mengalaminya lebih besar. Sebenarnya tanda awal kanker kulit bisa dikenali sejak dini tanpa anda harus datang ke dokter kulit untuk mengkonsultasikannya. Jika tanda tersebut muncul pada wajah, maka anda harus segera melakukan tindakan agar tidak menjadi semakin serius.

ciri-ciri kanker kulit

Jenis dan Ciri Ciri Penyakit Kanker Kulit yang Mesti Diketahui


Jenis-jenis kanker kulit

Ada beberapa jenis kanker kulit, yakni kanker kulit melanoma dan non-melanoma. Yang membedakan kedua jenis kanker ini adalah agresivitas dalam pertumbuhannya, dimana diketahui bahwa melanoma punya perilaku yang lebih agresif daripada NMSC. Sementara itu, secara struktur, melanoma bisa dikategorikan sebagai tumor ganas yang terdiri atas melanosit. Sementara itu, jenis yang satunya lagi NMSC, ada dua macam, yaitu Karsinoma Sel Basal dan Karsinoma Sel Skuamosa
Ciri-ciri kanker kulit

Mengingat kanker kulit adalah masalah yang serius, kehadirannya di tubuh perlu kita ketahui sejak dini. BCC adalah tipe yang paling umum, gejala yang biasanya dialami oleh pasien adalah pendarahan dan rasa nyeri pada area luka. Proses pertumbuhannya bisa memakan waktu bertahun-tahun tergantung dari kondisi tubuh pasien. Jika pertumbuhannya relatif lambat, maka gejala tersebut mungkin baru akan disadari setelah beberapa tahun menderitanya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka

BCC punya beberapa karakteristik khusus, salah satunya adalah jarang menyebar atau metastasis. SCC juga termasuk jenis kanker kulit yang banyak diderita orang-orang. Anda bisa mengenalinya dari bentuk serta struktur. Di atas kulit, kanker ini terasa lebih lembut dan biasanya ditemukan pada kulit kepala, punggung, telinga, tangan, dan dahi. Tipe ini bisa terjadi karena paparan cahaya matahari dan terlihat tegas serta menonjol keluar.

Meski proses tumbuhnya agresif secara lokal, namun resikonya untuk sampai ke tahap metastasis tidak begitu besar. Yang paling agresif adalah melanoma karena tipe kanker ini punya ciri khas khusus, yakni melakukan metastasis dini. Tipe ini sering muncul pada telapak kaki dan tangan, termasuk kuku-kuku. Ada beberapa gejala awal yang perlu disadari, seperti kombinasi warna, perkembangannya yang cenderung membesar hingga mencapai diameter di atas 6 mm, dan berpigmen. Namun sebaiknya anda berkonsultasi dengan dermatologis agar bisa memastikannya. Sekian informasi tentang ciri-ciri kanker kulit.

0 Response to "Ciri Ciri Kanker Kulit yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini"

Post a Comment