Lihat 8 Penyebab Insomnia atau Susah Tidur

Blog Dokter - Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan aktivitas susah tidur. Seseorang yang kerapkali mengalami insomnia tentunya memilki kualitas tidur yang tidak beraturan, di malam hari susah sekali rasanya untuk memejamkan mata meskipun Anda sudah berusaha dengan melakukan berbagai aktivitas mengantukkan, seperti membaca buku atau menonton film mellow, namun nyatanya Anda tetap tidak bisa tertidur kecuali menjelang pagi atau Anda sudah mengkonsumsi obat tidur sebelumnya. Kabarnya ada beberapa penyakit yang dinilai sebagai penyebab insomnia atau susah tidur bisa menyapa malam Anda, apa saja penyakit tersebut? Silahkan para sahabat blog dokter untuk menyimak dengan penuh perhatian di bawah ini:

8 Penyebab Insomnia atau Susah Tidur

Penyebab Insomnia atau Susah Tidur
Ilustrasi mengalami insomnia atau susah tidur
1. Diabetes
Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang memilki beragam keunikan, salah satu diantaranya adalah jadi mudah buang air kecil. Penderita diabetes akan dibuat terjaga setiap malamnya karena harus pergi ke toilet untuk buang air kecil, dan biasanya aktivitas ini menghabiskan waktu yang cukuo lama, karena terjadi berulang-ulang. Untuk itu, biasakanlah untuk tidak minum air sebelum tidur dan cobalah untuk buang air kecil sebelum Anda pergi tidur.
ADVERTISEMENT

2. Memiliki sakit kronis
Pada umumnya mereka yang mengidap dan memilki riwayat hidup mengidap penyakit yang cukup kronis, kerapkali akan mengalami susah tidur atau yang dikenal meluas dengan nama "insomnia'', apalagi jika sakit kronis tersebut seringkali menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri yang sangat menyiksa akan membuat seseorang dengan kondisi penyakit kronis lebih mudah untuk terbangun di malam hari. Apabila kondisi ini terjadi setiap hari, segera konsultasikan diri Anda ke dokter, Anda bisa meminta obat penghilang rasa nyeri sehingga Anda tidak akan menderita sepanjang malam untuk merasakan sakit dan kehilangan jam tidur Anda yang sangat berharga demi menjaga kesehatan tubuh serta merawat kecantikan kulit sehingga tubuh tetap sehat dan cantik dan terbebas dari penyebab insomnia atau susah tidur yang bisa datang kapan saja, maka perhatikanlah gaya hidup Anda.

3. Obat-obatan
Manfaat obat sebenarnya adalah untuk meredakan dan menghilangkan penyakit, ada beberapa obat-obatan yang bisa membuat Anda lebih mudah mengantuk, namun tidak sedikit juga obat-obatan yang justru membuat Anda harus rela begadang karena mengalami insomnia atau susah tidur. Jika Anda menemukan kondisi ini, segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi, sehingga Anda bisa terbebas dari gangguan insomnia.

4. Makan makanan berat terlalu dekat dengan waktu tidur.
Saat makan organ pencernaan memerlukan waktu untuk menyelesaikan prosesnya. Sehingga jika anda makan makanan berat saat sebelum tidur, maka perut anda utamanya organ pencernaan memerlukan waktu untuk menyelesaikan tugasnya. Oleh karena itu akn berefek pada keinginan anda untuk tidur dan menyebabkan anda insomnia.

5. Tidur dalam keadaan lapar.
Selain makan sebelum tidur, hal yang perlu dihindari adalah tidur dalam keadaan lapar. Dalam keadaan lapar itulah maka anda akan terganggu saat tidur bahkan bisa berdampak susah tidur dan menjadi penyebab insomnia.

6. Terlalu banyak tidur.
Terlalu banyak tidur utamaya di siang hari akan menyebabkan anda sulit tidur pada malam harinya. Jika hal itu sering berlangsung maka akan terjadi secara regular dan berdampak pula pada insomnia. Oleh karena itu jaga dan kontrol tidur anda jangan sampai berlebihan melewati waktu normal.

7. Pola tidur yang tidak konsisten.
Jagalah pola serta tidur anda dengan pola tidur yang konsisten. Jika hal itu berlangsung terus menerus maka pola tidur yang berantakan akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh anda utamanya menjadi penyebab insomnia.

8. Gangguan mental
Kondisi dimana seseorang selalu merasakan takut, depresi dan cemas berlebihan merupakan suatu kondisi umum penyebab insomnia atau susah tidur bisa terjadi pada seseorang. Gangguan mental yang cukuo parah, seperti selalu was was, merasakan perasaan tidak menyenangkan atau khawatir pada sesuatu, akan membuat Anda sulit untuk memejamkan mata. Jika faktor ini yang menyebabkan Anda suka mengalami insomnia, atasilah dengan melakukan peregangan atau lebih baik lagi disertai dengan penarikan napas yang panjang, Anda juga bisa menyalakan musik klasik atau mellow untuk membantu menenangkan diri dan pada akhirnya bisa tidur.

Terima kasih telah membaca 8 penyebab Insomnia atau Susah Tidur. Semoga dengan artikel diatas anda dapat mencegah terjadinya insomnia atau susah untuk tidur.

0 Response to "Lihat 8 Penyebab Insomnia atau Susah Tidur"

Post a Comment