10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Blog Dokter - Tekanan darah tiggi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bahkan akan memberikan dampak panjang yang sangat beresiko. penyakit yang bisa di dapat adalah strok bahkan koma serta berujung kematian.

Jika anda adalah penderita tekanan darah tinggi maka penting bagi anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

wanita relaks
Ilutrasi relaksasi untuk menurukan tekanan darah
Berikut merupakan cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Rutin mengonsumsi pisang
Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan Anda. Pisang mengandung kalium yang merupakan mineral pentung untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.
ADVERTISEMENT
2. Kurangi  makanan tinggi garam
Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam akan menambah tekanan darah. Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

3. Lakukan Olahraga secara Teratur
Berolahraga merupakan cara yang selalu baik untuk segala penyakit. Olahraga ringan seperti joging yang Anda lakukan secara rutin membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung Anda.

4. Mengonsumsi yogurt
Yogurt juga akan memberikan banyak manfaat bagi anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi. Yogurt yang kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah Anda lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

5. Hindari mendengkur saat tidur
Mendengkur dengan keras saat tidur adalah salah satu gejala sleeping apnea. Dan sleeping apnea merupakan pemicu munculnya tekanan darah tinggi.

6. Kurangi konsumsi kafein
Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

7. Teknik Relaksasi
Dunia sekarang ini yang dipenuhi oleh segudang masalah telah membuat kita stres atau kecemasan dalam hidup. Selama keadaan ini, tekanan darah akan melonjak naik. Sesekali stres dan kecemasan dapat diterima, tetapi sering mengalami kondisi tersebut untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan hipertensi kronis.

Salah satu cara yang efektif untuk mengobati hipertensi adalah untuk berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga. Teknik-teknik menenangkan saraf kita, meningkatkan keseluruhan kesejahteraan kita dan membantu kita untuk mengatasi stres dan kecemasan. Pilihan lain termasuk terapi pijat dan aromaterapi untuk beberapa nama.

8. Turunkan berat badan
Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

9. Jangan merokok
Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras.

10. Kurangi kerja lembur
Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja yang teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Lembur akan membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Semoga dengan tips diatas darah tinggi anda dapat turun dengan cepat.

Baca juga : 12 Cara Alami Mengatasi Migrain

1 Response to "10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"