10 Cara Alami Mengobati Kutu Air

Blog Dokter - Masalah kulit bisa menjadi masalah besar bagi anda. Apalagi kulit tersebut berada pada wilayah vital seperti wajah, kaki, dan juga yang paling sering tampak. Kulit kaki merupakan salah satu yang sering terkena penyakit kulit utamanya kutu air. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh kulit kaki yang sering berada pada daerah lembab. Jangan dianggap remeh, kutu air akan menjadi sangat gatal jika dibiarkan terus-menerus berdiam di kaki anda.

10 Cara Alami Mengobati Kutu Air

kutu air
Ilusrasi Kaki yang Mengalami Kutu Air
Berikut 10 cara mengatasi atau menyembuhlan kutu air secara alami.

1. Singkong

Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kutu  air. Nada bisa membuat rauan herbal dengan cara mencuci singkong hingga bersih. Setelah itu parutlah singkong anda dan tempelkan pada kulit kaki yang terkena kulit air.Diamkan hingga singkongnya kering. Lakukan cara ini beberapa hari sekali. Dengan cara ini setidaknya bila dilakukan dua hari kutu airnya mulai sembuh.

2. Daun Talas

Selain singking daun talas merupakan salah satu tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan kutu air. Ambillah kulit ari daun talas, kemudian jadikan pembalut pada kaki yang terkena kutu air. Hal ini dipercaya dapat mengobati kutu air yang anda alami dengan cepat.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu solusi yang baik. Bawang putih mengandung banyak anti biotik dan dapat menyembuhkan kutu air. Caranya irislah bawang putih kemudian gosokkan kebagian yang terkena kutu air beberapa kali sehari. selain diiris anda juga bisa menumbuknya lalu jadikan ia pembalut pada kulit yang terkena kutu aur selama beberapa hari.

4. Daun Sirih

Ramuan daun siri juga sangat bermanfaat. Siapkan 10 lembar daun sirih. Lumatlah menggunakan tangan atau diiris pakai pisau. Rebus ke dalam air mendidih kemudian tambahkan sesendok garam. Tunggu sampai aroma sirih tercium yang menandakan zat pada daun sirih mulai keluar. Angkat dan masukkan air rebusan ke dalam ember.

Kemudian tambahkan air dingin sampai dirasa aman bagi kulit. Lalu rendamlah kaki anda dengan air daun sirih tersebut. Rendam selama 10-15 menit. Lakukan cara ini selama 3 hari berturut-turut atau sampai dirasa kutu air sembuh. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena selain dapat mengobati kutu air, air rendaman ini juga bisa menghilangkan pegal sehingga tidur andapun akan lebih nyenyak.

5. Soda Kue

Campurkan soda kue ke dalam air hangat, lalu rendamlah kaki anda selama 15-20 menit. Kemudian cuci bersih kaki anda. Lakukan cara ini selama beberapa hari atau sampai dirasa kaki anda sembuh dari kutu air.

6. Teh


Bahan yang paling mudah didapatkan adalah teh. Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari.  Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

7. Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah Tea Tree Oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit.

8. Cuka apel

Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Oleh karena itu mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit.

Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.

9. Garam

Mengobati kutu air dengan garam cukup mudah. Campurlah air hangat dengan garam. Kemudian rendamlah kaki anda yang terkena kutu air selama kurang lebih 15-20 menit ke dalam air campuran ini.

Campuran air hangat dan garam dapat membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat mengobati kutu air. Lakukan cara ini selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk terapi, lakukan cara ini sekali seminggu. Selain dapat membunuh kuman juga dapat membuat rileks otot-otot kaki dan menghilangkan pegal pada kaki.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur.

Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Mengobati Kutu Air dengan cepat tanpa meninggalkan bekas. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat blog dokter.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Bercak Putih pada Kulit dan Wajah

0 Response to "10 Cara Alami Mengobati Kutu Air"

Post a Comment