10 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan

Blog Dokter - Cegukan adalah gejala umum yang tentunya pernah dirasakan oleh semua orang. Cegukan pada orang dewasa sering di asumsikan sebagai penyebab dari kurang nya kadar mineral dalam tubuh, sedangkan hal tersebut berbeda jika menimpa anak-anak.

Cegukan pada anak-anak memiliki banyak versi penyebab. Banyak yang menyatakan bahwa cegukan merupakan salah satu tanda terjadi pertumbuhan dan perkembangan pada anak baik secara kuantitas maupun kualitas.

Banyak orang tua juga kadang merasa takut jika cegukan tersebut sering menimpa anak mereka, sebab dengan adanya cegukan saluran pernafasan anak juga lambat laun akan tergannggu. Namun dalam dunia medis penyebabnya ada berbagai macam, misalnya, ketika makan terlalu banyak dan cepat tanpa minum di antaranya.

Penyebab lain adalah minum alkohol, merokok, perubahan temperatur lambung mendadak akibat minum dingin, air es, misalnya, yang dilakukan segera setelah kita minum minuman yang panas. Perubahan emosi mendadak juga dapat menyebabkan cegukan. Tipsdan trik yang dapat sahabat klik cara lakukan dalam mengatasi cegukan.

10 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan

mengalami cegukan
Ilustrasi Wanita yang Mengalami Cegukan

1. Minum air putih, seperti yang biasa Ibu Zakia kerjakan. Agar lebih manjur, minumnya harus sambil menunduk dan minum dari bibir gelas yang jauh dari kita; biasanya kita minum dari gelas dengan mulut kita ada di bibir gelas yang dekat kita. Kali ini, minumnya dari bibir gelas yang seberangnya, yang jauh dari kita.
ADVERTISEMENT
2. Leher dongakkan sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir sesendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih.

3. Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang keras menelas es batu ketika cegukan, bisa salah masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis.

Bagaimana cara menghentikan cegukan ketika berpuasa? Mulailah dengan cara keempat dan seterusnya.

4. Tahan napas beberapa detik, sekitar 10 detik, kemudian bernapas biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti. Kalau cara tersebut belum berhasil, Anda dapat mencoba tips kelima.

5. Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Demikian, diulang beberapa kali.

6. Letakkan jari kita ke langit-langit, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit tersebut. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut.


7. Kalau tidak menolong juga maka perlu segera membawa anak Bu Zakia ke dokter spesialis THT, khususnya kalau ada yang sedang praktik di rumah sakit. Anda juga bisa ke IGD rumah sakit terdekat untuk meminta pertolongan. Dokter akan membuatkan resep anticegukan, antara lain, chlorpromazine atau metoclopramide.

8. Selai kacang. satu sendok selai kacang dapat juga menghilangkan cegukan karena kelengketan selai kacang dapat mengubah irama pernapasan

9. Minyak kayu putih Beri minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.

10. Jerul nipis. mengunyah seiris lemon segar yang dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan dapat menghilangkan cegukan. selain mengunyah anda dapat mengisap seiris asinan jeruk nipis.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan. Semoga artikel diatas sahabat blog dokter dapat menghilangkan cegukan anda dengan cepat.


6 Responses to "10 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan"

  1. thank untuk tipnya
    cegukanku dah hilang

    ReplyDelete
  2. Trimaksih. . .cegukanku langsung berhenti seX lg mksih

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih cegukan saya hilang Methuselah saya pakai cara nomer 2...
    Blog Kesehatan ini sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  4. Pas lg mikir pilih cara mana, eeee saya tdk sengaja bersin.. Cegukan langsung ilang !!

    ReplyDelete
  5. Thx infonya...setelah sy praktekkan cara no 1 alhamdullah cegukan sy mendadak hilang

    ReplyDelete
  6. Pake resep nmr 2.. Langsung sembuh �� thx...

    ReplyDelete